Menyediakan berbagai produk herbal yang bebas efek samping dan telah terbukti

Senin, Februari 01, 2016

Fakta kangkung Untuk Kesehatan


Kangkung merupakan tumbuhan hijau yang bisa tumbuh dimana saja, kangkung banyak tumbuh diasia tenggara termasuk indonesia, tak heran banyak sekali indonesia yang suka makan makanan yang satu ini. 
kangkung adalah bahan sayuran sehat yang tinggi serat, sayangnya banyak mitos yang mengatakan setelah makan kangkung akan terasa ngantuk,
secara medis belum ada uji kinis bahwa kangkung menyebabkan rasa kantuk.
Sayuran kangkung merupakan jenis makanan yang sangat digemari oleh masyarakat luas terutama masyarakat di pedesaan. Selain harganya yang sangat murah, terjangkau untuk semua kalangan dan mudah untuk di dapat, ternyata kangkung sangat berkhasiat sebagai obat dan pencegah berbagai penyakit.
Kandungan yang terdapat pada setiap 100 gram kangkung :
Energi = 29 kkal
Protein = 3 gr
Lemak = 0,3 gr
Karbohidrat = 5,4 gr
Kalsium = 73 mg
Fosfor = 50 mg
Zat Besi = 3 mg
Vitamin A= 6300 IU
Vitamin B1 = 0,07 mg
Vitamin C = 32 mg
Fakta kandungan kangkung untuk kesehatan :
  • Zat besi yang berfungsi sebagai alat pengakut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi disini juga berfungsi sebagai pembantu pembentukan hemoglobin dalam tubuh untuk mencegah terjadinya anemia.
  • Vitamin C bukan hanya ditemukan pada buah jeruk, tetapi dalam sayuran hijau ini juga. Vitamin C ini baik untuk mencegah kanker, kesehatan kulit, dan mencegah diabetes. 
  • Mengandung karbohidrat Karbohidrat bukan hanya ada pada nasi saja, karbohidrat juga terdapat pada sayuran kangkung. Mungkin sebagain orang menyangka bahwa karbohidrat dapat menyebabkan kegemukan atau diabetes, namun selama mengkonsumsinya dengan seimbang. Karbohidrat berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh, sebagai cadangan sumber energi, dan sebagai pelindung protein agar tidak terbakar sebagai penghasil energi.
  • Pembentuk Fosfor Kangkung mengandung fosfor yang sangat berguna untuk tubuh. Fosfor disini berfungsi untuk membantu untuk kesehatan otak dan menjaga kesehatan tulang. Fosfor disini baik untuk mencegah osteoporosis. 
  • Kalsium kalsium bukan hanya terdapat pada susu saja. Kalsium juga terdapat dalam sayuran kangkung. Sayuran yang bermuara pada sawah-sawahan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi enzim yang kemudian akan menjadi energi. Jika tubuh kita kekurangan kalsium, maka tubuh kita akan mengalami masalah pada tulang, seperti osteoporosis.
  • Vitamin A Kangkung kaya akan vitamin A , sehingga Kangkung bisa menjaga kestabilan penglihatan mata. Vitamin A yang terdapat pada kangkung sebesar 6300 IU, sedikit lebih banyak dibanding bayam yang hanya 6100 IU. Hal tersebut dapat dilihat dari warna daunnya, semakin hijau daunnya maka kandungan betakarotin juga semakin tinggi.
Ternyata kangkung sangat berguna sekali untuk kesehatan kita, jadi sekarang tidak perlu khawatir makan kangkung yang mitosnya membuat kita ngantuk. terimakasih semoga bermanfaat :)

Artikel lainnya : Cara mengobati gendang telinga berlubang




0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.